E-commerce Trend di 2016
09.34
1. BUKALAPAK
Bukalapak merupakan salah satu pasar
online (online marketplace) terkemuka di Indonesia (biasa dikenal juga dengan
jaringan toko online) yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak.
Seperti halnya situs layanan jual – beli
online dengan model bisnis consumer to consumer (C2C ), Bukalapak menyediakan
sarana penjualan dari konsumen-ke-konsumen di mana pun. Siapa pun bisa membuka
toko online untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik
satuan ataupun dalam jumlah banyak.
Pengguna perorangan ataupun perusahaan
dapat membeli dan menjual produk, baik baru maupun bekas, seperti sepeda,
ponsel, perlengkapan bayi, gadget, aksesoris gadget, komputer, tablet,
perlengkapan rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain.
2. LAZADA INDONESIA
Lazada Indonesia
adalah pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai
dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan
produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olah
raga.
LAZADA Indonesia
didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail
online LAZADA di Asia Tenggara. Grup LAZADA International di Asia Tenggara
terdiri dari LAZADA_Indonesia, LAZADA Malaysia, LAZADA Vietnam, LAZADA
Thailand, LAZADA Filipina. Jaringan LAZADA, Asia Tenggara merupakan cabang anak
perusahaan jaringan perusahaan internet Jerman Rocket Internet. Rocket Internet
merupakan perusahaan online incubator yang sukses menciptakan
perusahaan-perusahaan online inovatif di berbagai belahan dunia.
Berkantor pusat di
Berlin, Jerman, proyek yang dimiliki Rocket Internet antara lain Zalando,
TopTarif, eDarling, Groupon (sebelumnya CityDeal), dll.
3. FJB
KASKUS
FJB Kaskus adalah
Forum Jual Beli Kaskus atau Forum tempat para pengguna Kaskus dapat menjual dan
atau membeli suatu barang atau jasa yang diinginkan. Kaskus yang didirikan oleh
Andrew darwis ini pada awalnya hanyalah sebuah forum komunitas, namun karena
banyaknya user kaskus atau yang sering disebut kaskuser ada yang
memanfaatkannya sebagai tempat bertransaksi jual beli, maka dibuatlah FJB
kaskus.
Di Forum FJB ini Anda
dapat menjual atau membeli barang dan jasa dengan mudah dan gratis, banyak
sekali kategori produk di forum jual beli ini. Untuk dapat memulai menjadi
penjual yang perlu Anda lakukan hanyalah daftar sebagai member kaskus. Dan
melakukan jual beli di kaskus juga sangat aman karena sudah menggunakan metode
pembayaran dengan sistem rekber yang dikelola oleh kaskus sendiri.
4. TOKOPEDIA

Tokopedia.com
merupakan salah satu mal online di Indonesia yang mengusung model bisnis
marketplace. Sejak diluncurkan hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedia bisa
digunakan oleh semua orang secara gratis. Dengan visi untuk “Membangun Indonesia
yang Lebih Baik Lewat Internet”, Tokopedia memiliki program untuk mendukung
para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk
mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online.
Tokopedia berhasil
menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat
pesat. Tokopedia juga berhasil mencetak sejarah sebagai perusahaan teknologi
pertama di Asia Tenggara, yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau
sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media
Inc.
5. OLX
INDONESIA
OLX Indonesia
(sebelumnya bernama tokobagus.com) adalah sebuah situs web iklan baris di
Indonesia yang difokuskan untuk tempat membeli dan menjual produk serta jasa
secara online dan gratis untuk penjual maupun pembeli yang menggunakan jasa
dari OLX indonesia ini.
OLX Indonesia adalah
tempat untuk mencari barang baru atau bekas berkualitas seperti produk
elektronik, otomotif, olahraga, rumah, peralatan rumah tangga, aneka jasa,
lowongan kerja dan produk lainnya. Sebenarnya terdapat juga situs semacam ini
bernama berniaga yang juga sangat terkenal dan memiliki user yang tak kalah
banyaknya dengan olx. Namun, pada tanggal 14 November 2014, OLX Indonesia
mengumumkan bahwa berniaga akan merger dengan OLX Indonesia pada tahun 2015 dan
akhirnya proses merger tersebut sudah selesai pada bulan Februari 2015.
6.
BHINNEKA
Bhinneka.com merupakan
situs e-commerce pelopor online store yang sampai saat ini terus berkembang dan
bertumbuh menjadi situs eCommerce terbesar di Indonesia. Disebut angkatan
pelopor karena situs bhinneka ini di launching sebelum abad 21, sekitar tahun
1996-1999. Sebelum Bhinneka.com tentu sebagian masyarakat masih ingat Online
Store pertama Indonesia yang sudah almarhum sejak lama yaitu toko buku
sanur.co.id, tidak seperti toko online seangkatannya yang sudah terkubur,
bhinneka tetap berkembang mengikuti perkembangan sampai sekarang. Setelahnya
Bhinneka.com dan beberapa situs lain muncul di antara tahun tersebut seperti
Kaskus.
Bhinneka.com
(Indonesia #1 Webstore), dari tagline memang bervisi untuk menjadi pemain di
“kandang sendiri”, bagaimana bisa menjadi pilihan Online Shopping bagi
masyarakat Indonesia. Seperti dituliskan oleh pendiri Bhinneka.com, Hendrik Tio
pada profil di web-nya, bahwa pelayanan antusias dari hati yang membangun
kepercayaan dan gempuran-gempuran persaingan yang dihadapi di kemudian hari.
7. BLIBLI
Blibli.com adalah
salah satu E-commerce di Indonesia dengan konsep belanja online ala mall.
Dengan konsep tersebut blibli mengharapkan masyarakat Indonesia yang terbiasa
belanja di mall bisa menemukan barang yang mereka cari dengan mudah dan
menyenangkan dimanapun dan kapanpun.
Blibli adalah produk
pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum dibidang
digital yang didirikan pada tahun 2010. Blili bekerja sama dengan teknologi
provider kelas dunia, mitra logistik, banking partner serta merchant partner
dengan standar tertentu untuk menciptakan sistem back-end yang bisa memenuhi
kebutuhan pengguna blibli. Saat ini Grup Djarum melalui Global Digital Prima
Ventures (GDP) misalnya, membentuk inkubator bernama Merah Putih Inc, sebuah
inkubator start-up lokal berbasis komunitas dan memberikan bantuan modal bagi
start-up lokal yang inovatif.
8. ELEVENIA
Elevenia adalah situs
belanja online dengan konsep open marketplace nomor 1 di Indonesia beroprasi
dibawah naungan PT XL Planet yang memberikan kemudahan dan keamanan berbelanja.
Situs ini menawarkan berbagai macam produk untuk pecinta belanja online. Hingga
hari ini, tercatat bahwa elevenia menawarkan lebih dari 2 juta produk dari
16.000 seller yang terbagi dalam 8 kategori antara lain: fashion,
beauty/health, babies/kids, home/garden, gadget/komputer, elektronik,
sports/hobby, service/food.
Pada bulan Februari
2015, elevenia telah berhasil menambah seller hingga lebih dari 23,000 seller
dan live listing 2 juta produk. Dalam satu tahun, elevenia juga berhasil
menggapai 1 Juta pengguna dan mengirim lebih dari 400,000 ribu produk. Selain
itu, mereka juga mampu meraih pendapatan sebesar 250 Milyar Rupiah pada tahun
2014. Dalam tahun kedua mereka, elevenia mentargetkan untuk bisa mencapai
penghasilan sebesar Rp. 1,1 Trilyun.
9. ZALORA INDONESIA
ZALORA Indonesia
adalah situs web belanja yang menyediakan kebutuhan mode pakaian yang terdiri
dari produk berbagai merek, baik lokal maupun internasional. Pelanggan yang
berbelanja melalui situs ini tidak dikenakan biaya pengiriman ke seluruh
Indonesia dan garansi pengembalian barang jika pelanggan merasa tidak puas atas
produk yang diterimanya.
Zalora Indonesia yang
didirikan pada tahun 2012 oleh Catherine Sutjahyo merupakan bagian dari Zalora
Grup di Asia yang terdiri dari Zalora Singapura, Zalora Malaysia, Zalora
Vietnam, Zalora Taiwan, Zalora Thailand dan Zalora Filipina. Zalora merupakan
anak perusahaan dari situs belanja online Zalando. Zalando merupakan proyek
dari Rocket Internet seperti toko online Lazada. Di Indonesia Zalora berada di
bawah naungan dan dikelola oleh PT Fashion Eservices Indonesia.
10. MATAHARIMALL
Mataharimall.com
adalah merupakan versi online dari salah satu pusat perbelanjaan terbesar di
Indonesia, yakni Matahari Departemen Store. Mataharimall.com akan menjadi
e-commerce asli Indonesia, dan akan menjadi yang terbesar sekaligus terlengkap.
Jhon Riyadi selaku Direktur Grup Lipo menjelaskan, Grup Lippo telah
menginvestasikan dana sebesar US$ 500 juta atau setara dengan Rp 6,5 triliun
untuk operasional mataharimall.com selama 2-3 tahun ke depan.
Meskipun saat artikel
ini terbitkan mataharimall belum layak dinyatakan sebagai yang populer di
indonesia, tapi tentu tidak lama lagi akan menjadi situs online terbesar,
karena banyak keunggulannya seperti mempunyai toko offline di berbagai kota di
indonesia dan pengalaman mereka dalam mengelola bisnis jual beli.